Assalamualaikum Wr. Wb.

mungkin sekarang aku akan menulis sebuah tulisan yang sedikit ada hikmahnya. tentang sebuah penyakit yang aku derita secara langganan sejak balita hingga sekarang. dari sudut pandang pengalaman penyakitku sendiri, dan saran saran dokter selama 18 tahun ini.

- 2 hari yang lalu -
"Apa keluhannya dek?" tanya seorang dokter  yang berbeda
"sama kaya yang diatas dok" jawabku dan membuat dokter itu tersenyum #enggabaperlohyah
karena aku lihat catatan riwayat penyakit aku selalu sama. dengan klinik baru ini saja aku sudah memiliki nomor ke-7 untuk copas demam, radang . hari ini, juni, mei, april, maret, februari, januari.
aku sakit penyakit itu rata rata 1 bulan sekali. namun kali ini 2 bulan, karena aku banyak beraktifitas dirumah. maksudku nge-gadag dirumah, tiduran doang kerjaannya.

awalnya peradangan di tenggorokkan, namun apabila diobati dengan tidak benar akan berujung kepada amandel. amandel pun biasanya cuma bengkak, dan baru kali ini bernanah. menyeramkan sekali saat aku memfoto memakai hpku sendiri. percis seperti yang ada di google gambar. percayalah, kamu bakalan gila dan muntah melihat foto seperti itu.

penyebabnya adalah makanan. salah makan, salah kombinasi makanan, salah bumbu, atau mungkin alergi. penyebab yang sangat spesifik adalah disaat kita makan makanan yang pedas & panas, kita juga meminum minuman dingin ber-es, dengan lupa banyak minum air putih. sering terjadi kalau lagi main ke mall. disaat kita makan ramen/firewing pedes banget terus minumannya greentea dingin atau es teh manis. terus kita berpikir 2 kali untuk membeli air putih karena mahalnya hampir sama dengan es teh. itu untuk edisi awal bulan. untuk edisi akhir bulan, biasanya membeli seblak pedas dan ditambah pop ice yang nikmatnya tak terkira hingga kita merasa tak perlu minum air putih lagi.

setelah kejadian seperti itu, biasanya pada saat malam hari. tenggorokan pun mulai ngamuk, dan bereaksi. pada saat bangun tidur? WASSALAM! sakin nelen ludah sendiri, minum pun sakit, dan makan pun sakit nelen. kemudian tak lama kemudian akan timbul rasa kedinginan, dan pada akhirnya siangnya demam. meminum obat tanpa resep dokter selama 2 hari tak kunjung sembuh, dan finally harus ke dokter. naik tingkat menjadi amandelnya bengkak/bernanah, harus dioperasi atau tidak tergantung dokternya. (mudah-mudahan aku tidak:'))

aku jadi teringat tentang guru biologi smp ku "ibu itu langganan sakit amandel, sakitnya sudah biasa demam dan sebagainya. tapi yang membuat ibu berat adalah menjadi malas bergerak " #mager

BOLEH KOK MAKAN PEDES. BOLEH KOK MINUM MINUMAN DINGIN. BOLEH BANGET DEMI MEMENUHI NAFSU KITA. TAPI ADA TATA CARANYA.

untuk yang langganan sakit radang, ini sangatlah penting!

1.
menunggu makanan panas hingga sedikit hangat. jangan makan sup/makanan padat dalam keadaan panas secara langsung. kita aja kaget kalo dikagetin pake toa, tenggorokan juga kaget atuh sama yang bersuhu panas. aku aja kaget dideketin kamu, jadinya ada antivirusnya gitu gak mau deket kamu #aiiihhOOT. kalo mau sih dikunyah nya agak lama supaya suhunya menyesuaikan dengan suhu tenggorokkannya. tapi tetep harus banyak minum air putih setelah itu. biarin kembung daripada radang sok? bukannya so iye, so pinter yah, tapi kalo dirasa rasa bener juga. ini mah teknik aku weeh

2.
minum minuman dingin mah bebas ajasih. oh iya sama deng, disedot pelan pelan, rasakan dimulut dulu, dinikmati dulu, baru di telen.  sama aja fungsinya buat menyesuaikan suhunya dulu biar gak terlalu dingin menyentuh dinding tenggorokannya. kalo langsung telan, lah buset udah mah brainfreeze ditambah tenggorokannya dingin, tapi adem sih pas udah ngelewatin dada. kaya aku dong, aku dingin ke dia, tapi adem di hatinya #aiiihOOTjofis.

3.
 menghindari micin tah eta! eta ter*******ah! #bosenAH haha aku mengakui bahwa generasi angkatan aku yang kelahiran 1998-1999-2000 itu adalah Generasi micin! cikruh, lidi lidian, macaroni, nambulan masako, nambulan royko, dan banyak lagi.
Kalo yang langganan RADANG plis inimah, harus dihentikan!(gak bisa lah, kasian pabrik micin engke bankrut) di minimalisir saja kaya rumah minimalis #jokesreceh. kalo beli baso, beli seblak, beli ciki, beli kue kering, minta jangan pake micin aja. lah ciki?! ya kurangin aja, atur atur saja jangan keseringan dan JANGAN SETIAP HARI. seminggu 1 kali atau seminggu 2 kali.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

kalo udah gak mempan mencegah diri sendiri, dan akhirnya hilaf makan pedes+panas+minuman dingin...... yowes kedokter sajaaa..

perawatannya yang gampang. penyembuhan yang mendampingi obat adalahhh... cie obat aja didampingi, aku siapa yang dampingi?? #baperagain
selain obat, bisa minum larutan penyegar rasa apapun, makannya harus yang lembek, dan alat penghibur. ey ey ey ey alat penghibur maksudnya bukan BEEEP,  maksudnya adalah hp atau tv atau buku. alah yakin sih lagi sakit puyeng, susah baca buku, main hp juga bikin mata sakit terus pusiyang, dan tv acaranya gak ada yang rame. kan penyakit diatas menyebabkan kemageran kata guru biologi smp aku juga, jadi harus ada yang menghibur gitu biar gak ngelamunin dia terus... #ehhhOOT

ada yang lebih barokah, dengerin aja radio islami, atau putar alunan al-quran di hp. sumpah nenangin pisannnn. soalnya nihya, kalo udah sakit radang+panas paling bad pisannnnnn. gak enak pokonya sakitnya. kepala sakit, pusing karna demam, tenggorokan sakit gak bisa ngemil apa apa.
"jujur aku selalu merasa ajal aku udah di depan mata kalau sakit bulanan ini, sedih sholat aja susah bangkitnya, kadang ketiduran panjang kalo lagi sakit" #curhat.
MAKANYA AKU NYARANIN DENGERIN ALUNAN AL-QURAN...kan kita gak tau kapan kita bakal mati, bisa aja besok.. :( mungkin penyakit ini sebagai pengingat aku kepada Allah SWT supaya memperbaiki akhlakku kalo lagi futur atau sedang disesatkan setan. gak rugi juga, kita buang buang  waktu untuk kemageran yang hqq karna sakit, mendingan dengerin ceramah atau alunan alquran. walaupun sebentar sebentar sambil bulak balik cek snapgram hehe #ehhhh.


inilah akhir dari semua perbincangan yang dipenuhi oleh so-keseriusan aku dan kebaperan tingkat tinggi aku. maafkan jomblo fisabilillah ini apabila ada kesalahan tulisan atau kata kata yang tidak berkenan. kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.

lah llah kok kaya penutup pidato gini. bukan gue banget dalam blog ini.

yaudah
gitu aja
setelah 18 tahun
sebulan sekali ke dokter
karna langganan radang
semoga aku kapok
dan trauma atas hal ini

buat yang langganan radang
jangan membuat keributan : PANAS vs DINGIN
nanti sakit
gak ada yang nemenin:v
walaupun bisa menjadi penyakit yang direncanakan-_-
audzubillah himindzalik jangan membuat penyakit guys
tapi kalo kepepet gak pengen sesuatu bisa aja penyakit diatas direncanakan
tapi ingatlah!
Allah memberikan kenikmatan dan kesehatan kepada kita supaya kita menjaganya!
bukan untuk disiasiakan!
seperti kamu menyianyiakan waktuku #ehhh
orang lain banyak yang sakit diluar sana
termasuk kakekku sendiri sedang sakit
syafakallah! syafakillah! buat yang sakit :*




"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" Q.S. Ar Rohman : 13



Wassalamualaikum Wr. Wb.
Salam SEHAT,
Odivaazzahra