Assalamualaikum Wr. Wb.
Sumber Gambar: www.lifewire.com

Maaf OOT dari isi blog aku lainnya. tapi ini sangatlah penting karena baru aja gejala erupsi di kota ku bandung ini. aku udah bikin tas siaga bencana sejak 1 tahun lalu, keluargaku menganggapku seperti mau kabur waktu itu. tapi at least sekarang berguna, list yg aku cantumin udah ditambah dari berbagai web yang sudah aku rangkum. maaf kalo random ya :) 
.
aku mau share list apa aja yang harus ada di tas siaga bencana #emergencybag #emergencykit #siagabencana 

1. poncho
2. makanan darurat(u/3hari) - kaleng,selai, ramsum, dll.
3. minuman (u/3hari) - 1 liter
4. alat makan plastik (wadah, sendok, nesting, dll)
5. pisau lipat (tambah survivalkit, tali tambang, gear, dll)
6. rempah - rempah (gula, garam, jahe, kunyit, dll)
7. alumunium foil
8. p3k kit (obat warung, obat luar, dll)
9. masker anti debu (kain sekali pakai/ kain jahitan)
10. alat mandi
11. tisu kering & basah
12. handsanitizer
13. pembalut
14. detergen cair
15. trashbag & kresek kecil
16. peluit (1 buah per orang)
17. radio portabel
18. senter
19. lampu darurat
20. lilin & korek
21. pakaian (u/3hari)
22. topi
23. sarung tangan
24. kaos kaki
25. selimut emergency
26. sepatu tahan air
27. dokumen penting (dalam satu map anti air)
28. list nomor telfon darurat (dilaminating)
29. kacamata
30. kompas
31. uang
32. cable ties
33. Tali paracord
34. terpal ringan
35. jirigen lipat
36. baterai cadangang - charge
37. alat filter air
38. Alat Tulis Kantor
39. Mukena/sarung
40. Kitab suci 💕alquran💕
41. Buku berkertas hitam &putih

yaaa saya tahu beberapa susah dimiliki dan mungkin asing bagi temen temen semua. ada yang kurang gak?? comment ya atau hubungi aku aja di berbagai sosmed aku ya. BTW kalo kita nonton film survival bisa aja memanfaatkan alam yang ada. tapi bagi orang orang yang belum pernah hidup di alam bebas atau pelatihan survival sangat menyusahkan. sebenernya list diatas lengkap untuk dimiliki oleh anak anak manja macem si penulis ini wkwkwkwk.
.
walaupun aku ikut pramuka dari sd sampai sma, ikut pelatihan survival, pelatihan selfdefense, les berenang dan sekarang aku sedang berlatih memanah, kita gak tau apa yang akan kita hadapi kedepannya. oleh karena itu benar sekali apa yang diajarkan dari sunnah rasul. "Ajarilah anak - anak kalian berkuda, berenang, dan memanah"-sumber: islami.co
.
aku pernah membaca sebuah tulisan, yang katanya nanti di akhir zaman akan mengalami kemunduran kembali seperti zaman dahulu kala yang serba tradisional seperti zaman nabi. sudah digambarkan pada beberapa film yang bertemakan survive akhir zaman. ihh seremmm..
.
jangan lupa semua bencana yang terjadi itu adalah tanda kekuasaan Allah. supaya kita mengingat adanya kiamat kecil melalui berbagai bencana yang terjadi di segala penjuru indonesia. kita terkadang merasa santai dengan keamanan hidup kita sekarang, diluar sana di negara timur masih banyak negara yang masih bergejolak hingga harus selalu wasppada. #prayforpalestine 
.
apasalahnya kita juga waspada dan siap siaga. oh ya selain kita menyesuaikan kemampuan kita di dunia, jangan lupa amalan amalan untuk akhiratnya.
.
.
Tetap bersyukur, StaySave.
Odivaazzahra.