tak lama lagi, umurku akan bertambah menjadi 18 tahun. ulang tahun? selama ini ku rasakan tidak ada yang spesial. tahun kemarin, senang  sekali rasanya menjadi 17 tahun. pada akhirnya ku rasakan, terasa hambar. 

MUHASABAH! itu lah yang harus dilakukan oleh kita ketika bertambah umur dan pada momen tahun baru. 

apa yang sudah aku lakukan 18 tahun ini? sudahkah aku mandiri? sudahkah aku berpenghasilan sendiri? sudahkah membahagiakan orang tua? sudahkah aku membantu orang di sekelilingku ? hafalanku ? iman ku? 

hanya bermain
mempelajari kehidupan
tanpa action
mandiri karena terpaksa
menghabiskan uang orangtua
membantu sealakadarnya
hafalan masih sama
iman seperti grafik sin & cos
itulah jawabanku

inilah waktunya, selepas SMA, aku harus beraction apa yang telah aku pelajari tentang hidup. sudah tau mana yang benar dan mana yang salah. bodohlah aku, jikalau aku memilih jalan yang salah. karena semua ini tanggungjawab aku sendiri, bukan orangtuaku lagi. Muhasabah Diri karena bertambah umur.

Almost 18th,
Odivaazzahra