Assalamualaikum Wr. Wb. 

kuliah tata busana upi ngapain aja sih? atau pokoknya. kegiatan kuliah tata busana ngapain aja? 

aku mengikuti seminar nasional, dan ada hasil penelitian yang membuat saya bangga. perkembangan gaya hidup di indonesia berkembang secara lambat, namun ada 3 aspek yang memiliki perkembangan pesat dimana nomor 1 nya yaitu Fashion, nomor 2 kuliner , dan nomor 3 kerajinan. menurut penelitian tersebut fashion memiliki peluang sebesar 80% di indonesia sebagai perkembangan gaya hidup. kemudian di indonesia baru belasan persen (saya lupa, tapi catatannya masih ada) fashion berkembang di indonesia. oleh karena itulah SAYA BANGGA MENJADI MAHASISWA TATA BUSANA. karena insyaallah akan menguasai indonesia di bidang fashion.

sooo halo, aku diva azzahra. saya kuliah di jurusan pendidikan tata busana upi, departemen pendidikan kesejahteraan keluarga, Fakultas pendidikan teknik dan kejuruan. sempat diremehkan, atau kalian juga sempat berfikir, ngapain kuliah tata busana, mendingan les aja atau kursus menjahit. trus passing grade tata busana upi juga soshum yang lumayan rendah, istilahnya gampang lah masuk juga. pasti orang bakal meremehkan kamu pada awalnya.

nih ya aku ceritain pengalaman semester pertama aku kuliah di tata busana yang fokusnya di UPI. kuliah itu berbeda dengan kursus. memang selama semester pertama, kita akan belajar konstruksi pola dan belajar menjahit seperti kursus menjahit pada umumnya. namun itu hanya 50%nya saja. kuliah di tata busana ini kita belajar Teori Busana, Menganalisis pakaian yang sedang trend dari jaman dulu hingga sekarang, dan segala hal tentang Fashion. kemudian memang sedikit kecewa sih, karena semester 1 belum belajar desain baju. jadi pertama tama kita belajar dasar seni dan desain dulu, seperti macam macam garis, barik, bidang, dan ruang untuk diaplikasikan pada desain baju di semester berikutnya. 

kemudian kita bakal belajar pendidikan kesejahteraan keluarga, beuh mantap banget lah mata kuliah ini. disini kita belajar tentang bagaimana keluarga sejahtera itu, persiapan berkeluarga, cara memilih kriteria pasangan yang baik, komunikasi dalam berkeluarga, dan sex education. bakal merasa siap untuk nikah dah:v

kemudian tugas akhir yang menguntungkan. sangat menguntungkan kuliah di tata busana. JANGAN KHAWATIR gak punya alat alat jahit dan sebagainya. mayoritas ditanggung mata kuliahnya. aku aja di kasih meteran, sekoci, palet, benang, dll. terkecuali mesin jahit, kalian kalo mau masuk tata busana bakal butuh mesin jahit itu pas akhir semester 1 untuk tugas akhir. jadi gak masalah kalo kalian masuk jurusan tata busana, baru masuk belum punya mesin. tenang aja, lagian awal awal kalian masih belajar teori tentang mesin jahit, perawatannya gimana, macam macam mesin jahit, dll. ditambah lagi di ruang praktikum udah ad mesin jahit portable, mesin jahit highspeed, dan mesin jahit jadoel. Dan paling MENGUNTUNGKANNYA pada akhir semester 1 kita bakalan punya 1 baju dan 1 rok baru hasil karya kita sendiri yeayy!! karena itu merupakan tugas akhir. 

kuliah di tata busana itu menuntut kita harus jalan jalan ke berbagai tempat. mulai pasar loak, gasibu, pasar cimol, mall pvj, mall biasa dan supermarket besar (hypermart/carefour). kenapa? karena kita harus tau bagaimana fashion yang ada disekitar kita. bahannya seperti apa, harganya seperti apa, kemudian menentukan kecocokan dengan berbagaimacam bentuk badan. dan juga menuntut jalan jalan ke berbagai toko. terutama di jalan otista sih hehe, kemudian tamim, cigondewah --> ya karena itu semua toko alat alat jahit dan toko kain.

yang paling nyeseknya itu ya, mata kuliah dasar yang wajib ituloh. PAI, PPKN, MTK dan PSIKOPEND. PAI kamu bakal dibimbing supaya hafal juz ke 30, hatam quran, dan tutoring, ditambah dengan presentasi setiap minggunya. PPKN karena dapet dosen yang asyik jadi enjoy banget, walaupun santai tapi menuntut kita harus belajar banget. asik lah pokoknya ppkn, ujiannya juga beuuuh mantap tinggal kiceup lah istilahnya. MTK kaya perlajaran sma semua lah babnya, karena matematika dasar. jadi mengulang semua mtk yang ada di sma, kasian untuk beberapa smk yang gak belajar matematika sihh. dannnnnn terakhir adalaaaah PSIKOPEND yaitu Psikologi Pendidikan. kan aku kuliah di upi nih, universitas pendidikan indonesia. otomatis sarjana pendidikan, nah kita bakal di tuntut sebagai guru. aku pun gak mau jadi guru tapi harus menerima matkul ini, karena nanti kita akan PPL sebagai guru. psikologi pendidikan kalo dipelajari sendiri sebenarnya rame dan santai, karena itu tuh belajar memahami siswa bagaimana, cara mengajar yang baik lah istilahnya, mantep sih tapi 70% dikelas tidak antusias karena mereka gak mau jadi guru.

Jadi kesimpulannya, kuliah tata busana itu super simpel dan santai. aku membandingkan teman temanku yang kuliahnya di kimia, farmasi, teknik, ohmaygad SUMPAH tugas aku paling santai dan gampang mennn. karena kuliah ini sangat mendukung hobyku sekali. "mau kuliah santai dan berkualitas? masuk tata busana!" #iklanwkwkwk

gimana?? tertarik gak masuk tata busana upi?
atau tata busana lainnya? 
ayo kuliah tata busana!



Fashion Design UPI 2017,
ODIVAAZZAHRA.