Assalamualaikum Wr. Wb. 

Halo Calon Anak busana! atau bahkan dari smk busana. kalian luar biasa ~

karena antusiasme pembaca dari postingan sebelumnya "Kuliah Tata Busana UPI", aku lanjutkan pengalaman berkuliah di tabus upi. sebentar, maaf saya salah melafalkan. yang benar yaitu PENDIDIKAN TATA BUSANA. kalau pada postingan sebelumnya aku menjelaskan apa saja yang akan didapatkan di jurusan pendidikan tata busana upi itu adalah mata kuliah semester 1, mari kita lanjutkan sharing menuju semester 2 ~ ARE YOU READY!

Ada hal yang menarik saat berkuliah. dikarenakan tata busana ini masuk kedalam departemen PKK (pendidikan kesejahteraan keluarga), kami belajar tentang DASAR BOGA. disana kita belajar tentang makanan, makanan bergizi, menghitung kalori makanan, menghitung indeks badan, cocok banget buat tips-tips diet. But, mostly kita belajar tata cara menyajikan makanan untuk sebuah keluarga. misal makanan bayi, anak, ibu hamil, dan keluarga. sayang sekali kami tidak sempat untuk praktek memasak, tetapi bersyukurlah masih mendapatkan materi mengenai boga. 

Kemudian mata kuliah yang terkait dengan busananya ada :

1. Pengetahuan Tekstil 

~ mempelajari berbagai bahan tekstil dari nama ilmiah, nama dagang, sejarah tekstil hingga tata cara pembuatan tekstil. kami pun mengadakan studytour ke STT Tekstil dimana mereka memamerkan proses tekstil di pabrik seperti apa dan mengunjungi budidaya tekstil ulat sutra di daerah Ujung Berung Bandung. selanjutnya Project akhir kami yaitu membuat portofolio koleksi tekstil, baik kain / pita / renda / kancing / dll. 

2. Busana Anak

~ ini adalah mata kuliah favoritku pada saat itu. selain membuat pola dasar badan anak, kita mempelajari teori busana anak secara lengkap. hingga setelah itu kita mempelajari banyaaaaaak sekali pola baju anak. baju tidur, baju bermain, hingga baju pesta anak. Project tugas akhir kami yaitu membuat busana pesta anak yang mewah. aku membuat sebuah gaun anak berwarna hitam yang diperuntukan untuk adik perempuanku. 

3.  Desain Sulaman

~ desain sulaman? basic disini yaitu mengembangkan kemampuan kita dalam menggambar dan mewarna yang dimulai dari desain sederhana seperti sulaman. kami mendesain mulai dari sketsa, diwarnai dengan pensil warna, dan di cat menggunakan cat poster. tidak sembarang menggambar, pada desain sulaman ini banyak sekali teori yang harus diterapkan pada tiap desain. berbeda beda aturan tiap desain sesuai karakteristik sulamannya. misalnya, desain sulaman inggris, harus membuat desain motif bulat, bulan dan ada lubang. dalam 1 minggu kami mendesain 2 desain sulaman, satu dilakukan di kampus setelah penjelasan teori, dan satulagi desain tersebut digambar dan diwarna menggunakan kertas gambar + cat poster. kebayang ga 4 bulan kuliah, sudah menghasilkan berapa banyak desain :v jadi master of desain dah, gud bye tidur nyenyak 8 jam kamu akan diuji hahahahaha

4. Fesyen

~ mata kuliah ini sangaaaaaat luarbiasa. keren pool. fesyen - fashion, kita memperdalam ilmu fashion disini. ditambah lagi dosennya keren banget, dosen favoritku. kita banyak diskusi mengenai fashion dari berbagai perspektif. fashion sangatlah luas. selain materi tentang fashion, kita pun mempelajari cara menganalisis suatu fashion ada lebih dari 5 analisis yang kami pelajari. kebetulan waktu itu aku dapat kajian analisis fashion SEMIOTIKA. mata kuliah yang membuat otak kita luar biasa berkembang. Project akhir dari mata kuliah ini adalah membuat sebuah buku/majalah yang berisi analisis suatu item fashion. waktu itu aku mengkaji kacamata. mulai dari struktur, desain, dan TREND FORECASTING kacamata yang paling out of the boox deh mantap bangeet luvluv <3 


    Berhubung kita pendidikan tata busana masuk kedalam FPTK (Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan), jadi kita belajar tentang vokasi jugaa. nah di semester 2 ini kami belajar K3. duh maaf lupa, ini ya hasil copas kepanjangan dari k3 :

KEAMANAN, KESEHATAN, DAN KESELAMATAN (K3) KERJA DAN LINGKUNGAN HIDUP

Disini kami belajar tentang cara mengelola sebuah industri dalam sisi keamanannya. kemudian menjamin kesehatan kerja apabila kami memiliki karyawan, dan keselamatan yang perlu kita siapkan saat memiliki usaha busana. Juga mempelajari tentang lingkungan hidup, dalam menjalankan industri harus dilihat juga aspek lingkungannya, jangan sampai kita memberikan polusi/limbah kepada sekitar. 

        Tak lupa dengan mata kuliah pendidikan yang harus kami tempu karena berstatus pendidikan. kami mempelajari Landasan Pendidikan dan Bimbingan Konseling. landasan pendidikan sangatlah berat menurutku, karena belajar tentang hakikat pendidikan, sejarah pendidikan, hingga perkembangan pendidikan untuk masa depan. Tenang saja, kita direkomendasikan membeli buku, dimana dalam buku itu lengkap sudah apa yang harus kita pelajari TENTANG PENDIDIKAN. Kemudian ada matkul bimbingan dan konseling, mempelajari seluk beluk BK, pendekatan siswa dan sebagainya. menurutku matkul ini adalah pengembangan dari mata kuliah sebelumnya yaitu psikologi pendidikan. Karena masih banyak keterkaitan dan kesamaan. 

        Yang terakhir adalah mempelajari Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pada basicnya masih sama mempelajari grammar, kbbi, dan lainnya seperti di SMA. namun perbedaannya yaitu disini kita belajar bahasa yang berkaitan dengan fashion. sempat dipelajari juga tata cara membuat karya tulis ilmiah seperti makalah, klipping, jurnal, skripsi, dll. Project Akhir dari mata kulian bahasa indonesia yaitu membuat jurnal fashion (berkelompok) dan Presentasi menggunakan bahasa inggris tentang fashion. 

        Begitulah kehidupanku di semester 2. Kemungkinan besar Kurikulum akan berubah suatu saat. jadi mungkin kalian para pembaca tidak akan mendapatkan matakuliah ini tepat pada semester 2, atau diundur menjadi semester lain atau bahkan dihapuskan :( Setelah ditinjau kembali apabila kalian dari SMK Tata Busana, menurutku kalian akan mulai belajar lagi dari 0 apabila kuliah di Pendidikan Tata Busana UPI ini. bedanya kalian udh punya basic aja dalam ketatabusanaan. Luar biasanya kalian akan menemukan mata kuliah yang bisa membuka pikiran kalian lebih luas lagi. tidak sekedar menjahit dan belajar. 

        Selain itu mahasiswa semester 2 sedang diberikan semangat belajar berorganisasi juga. Karena semester 1 itu masih jamannya kaderisasi / mos / ospek gituu jadi belum banyak beraktifitas diluar kliah. manum di semester 2 ini kalian bebas mengikuti organisasi apapun. semangat berkuliah !!

 Fashion Design UPI 2017,

ODIVAAZZAHRA.