Assalamualaikum Wr. Wb.

Puntenn,

Ngiring ngalangkung.

Punten,

Numpang lewat di blog nya dipa. Ini saya habis jalan jalan di kehidupannya dipa. CIELAHH...

Beberapa saat lalu warna hidup nya ya hitam putih gitu, padahal hidup yang dijalani itu naik turun. Jadi warna warni.

Betul, setiap jejak hidup yang berjalan memiliki warna dan makna yang berbeda. Aku baru belajar di kuliah bahwa setiap warna ada rasa, makna, arti yang berbeda. Kalo kalian kepo sama bukunya judulnya itu"NIRMANA" karya Sadjiman Ebdi Sanyoto. Buku seni sih sebenernya hahaha kan aku belajar pas dasar seni desain sebelum ke desain fashion gitu.

Soooo

Sadar ga sih? Setiap waktu warna kesukaan kadang berubah. Terkadang loh ya. Ada juga si beberapa orang suka 1 warna sampe gede sukaaa terus. Ya konsisten aja gitu. Different of me🖤 karena sejak kecil berubah ubah suka warna jadi aku pengen mengubah diri aku menjadi multicolour, freedom gitu loh semua warna. Bukan maksud ke lgb^ , tapi kesan warna nya bagus. 

Start with didikan orang tua, ya biasalah ya namanya perempuan ya dikasih warna pink atau merah. Sempet tuh beberapa tahun suka warna pink dan merah. 

Terus makin besar, semakin exotic kulit ga cocok sama merah. Jadi kaya ani ani wkwkwk so aku kuatkan tekad menyukai warna pink. Karena pada saat itu (masa kecil-remaja awal) hidup aku super duper enak, nyaman, puncak kesuksesan orangtua gitu dehh. Segala yg aku mau aku dapatkan, mostly. Cukup lama menyukai warna pink sampai aku beranjak smp/sma.

Kemudian ada suatu masa kelam, masa sulit orangtua, hmmm ekonomi ya gitu. Ada naik ada turun ya hidup. Aku menjadi suka warna gelap yang dimulai warna biru. Kalem gitu, aku berubah. Yang semua sangat periang menjadi super pendiam, hampir introvert akut. Mencoba untuk lebih tenang dalam hidup, dan berfikir jernih. Setiap ada masalah saat itu aku selalu melihat ke langit, baik siang maupun malam. Tetap biru kan?

Semakin dewasa mental diri semakin kelam. Hingga aku mencapai titik ujung hidup yang kelam. Aku menjadi suka warna hitam. Masalah terus berdatangan, semakin dewasa semakin sulit. Baik orang tua maupun teman tidak ada yang dapat mengobati mental hidup ini. Ditambah pada saat itu aku harus menyudahi perasaan BODOH kepada seorang lelaki yang aku sukai selama 3,5 tahun. Yang biasanya cewe PMS itu marah marah, not for me. Aku selalu menangis. Belum lagi masalah pecahnya keluarga, yang menghantui pikiranku. Gelap, hidup ini ga ada warnanya. Layaknya hitam putih. Hopeless, ga ada harapan.

Cukup lama kondisi hitam putih ini terjadi. Semula istilah blackgirl yang sering aku lontarkan, menjadi arah hidup ini. Tidak selamanya kan aku hitam putih seperti ini? Hidupku akan berwarna kembali kan? 

~ ~ ~

Pada masa akhir kuliah, aku bertekad untuk mengubah warna hidupku. Beberapa kali hidupku kembali berwarna.

STAY POSITIVE!

BODO AMAT!

MOVE ON!

SEMANGAT!

BERSYUKUR!

itulah yang membuatku bangkit hidup. Teman teman ku mungkin ada yang masih hitam putih, lesu, lemah, tidak kuat mental, bahkan ambruk sampai datang ke psikolog/psikiater. Not for me, aku harus menyembuhkan luka mental ku sendiri. Kita semua pasti bisa. Aku percaya! Prosesnya memang cukup lama. Tapi konsisten aja, coba deh ~

~ ~ ~

before you came itu my life

Everything was black and white

And now

I see the color

Like a rainbow in the sky

- lagunya hailey stainfield duh lupa namanya wkwkwk

jujur sejauh ini obat terbaik atas segala hal ini  adalah BUCIN hahahaha. Seriously~

Semakin berjalannya waktu, aku kembali menemukan warna hidup ku. Aku bahkan berencana akan menyukai semua warna. Kumulai dari warna nebula. Semula hitam blackhole, menjadi banyak bintang terang, dan munculah chroma warna ungu-biru nebula. Masih tetap gelap, redup, gloomy, tapi bercak bintang sudah muncul untuk menyinari hidup ini.

Aku yakin suatu saat nanti hidup ini akan penuh warna. Seperti kontennya diana rikasari, aku suka sekali dengan beliau, di blognya maupun di instagramnya. Sangat memotivasiku. Apalagi buku lovelife #88 nya itu. 

Semangat hidup,

Warnai hidupmu,

Dengan bijaksana.

Waalaikumsalam wr.wb. dadahhh











Semakin dewasa, Odivaazzahra.

(Ditulis di hari ulang tahun di 2022, pada kondisi istirahat kerja, karena sedang puasa hehe)