Assalamualaikum Wr. Wb.

Ini tentang VALUE seorang wanita.

Aku bukan orang yang cocok untuk menyampaikannya dalam bentuk video atau vlog seperti para influencer diluar sana menurut opini masing-masing. Tulisan kali ini bersumber dari petuah orangtua, keluarga, dan influencer positive vibes (perempuan dan laki laki). 

I'm just realize that I really worth it

As a human, THANK YOU ALLAH SWT.

As a woman, THANK YOU MY FAMILY.

Terkadang kita lupa sebegitu berharganya kita sebagai manusia. Terutama aku sebagai perempuan, dan semakin kesini aku merasa semakin sadar bahwa value dalam diri sendiri itu JELAS TERLIHAT. Mulai dari kemampuan kita berorganisasi, berkomunikasi, bekerja dan skill lainnya. 

Waktu demi waktu menuju dewasa, kehidupan bekerja di waktu silam, aku tak hentinya bercerita tentang keluh kesah pekerjaanku dan cara menyelesaikannya kepada keluarga. Sehingga mereka memberitahuku bahwa "nilai-nilai" / value yang udah aku punya sudah cukup bagus yang dibuktikan dengan bonus dan kenaikan gaji hampir setiap 2-3 bulan sekali. Ada pada titik GR saye, pada saat resign rasanya berat atasanku mau melepasku, karena m-3 pengajuan resign tiba tiba aku diberikan bonus uang makan & uang ongkos yang mana sebelumnya belum pernah aku dapatkan secara rutin, I'm so glad with that btw. "Itu tawaran sekaligus ujian untuk odiv, supaya stay lanjut bekerja, diberi kenyamanan terbaik"-ujar papa ku. Long-short story tetap pada kesadaran diriku sendiri, pekerjaan lama itu tidak menambah nilai value ku. Aku merasa skill dan value ku tidak berkembang, stuck di titik yang sama walaupun menambah beberapa koneksi. Ingat, carilah ilmu sampai ke liang lahat. Aku yang orangnya gereget, pengen banget nambah value aku lebih tinggi lagi, aku memilih untuk berhenti bekerja sejenak dan bersiap melanjutkan studi. 

Orang tua berpesan "Jadilah orang yang berkarakter, memiliki nilai value tinggi, dan kecerdasan emosi sama jangan lupa AGAMA". Mau jadi apapun kelak nanti, ingat 4 poin itu. Berkarakter, membuat nilai plus di dunia pekerjaan, kita unik dan bernilai lebih dibandingkan orang lain. Orang tua ku yang notabene sudah berumur 40-50 memiliki pengalaman bahwa kecerdasan emosi juga penting. Banyak orang diluarsana pintar/cerdas tapi penguasaan emosinya lemah (mudah tersinggung, iri, dengki, negative thinking, dll). Dan juga orang orang hebat diluar sana, ada yang tidak percara pada agama, yang berpengaruh pada cara beretika.

Sangat idealis, I believe people out there including my social media buddies argue that so lebayyy. Tapi aku percaya akan hal itu, dan aku pun masih mengembangkan 4 poin itu. 

Terlebih lagi, kembali ke topik aku sebagai wanita yang masih ingin berkembang. Coba renungkan sampai titik ini : keluarga sudah membesarkan, mendidik, menyekolahkan, kuliah, sampai kita dewasa di detik ini. Banyak sekali jasa dan materi yang mereka berikan kepada kita, apakah kita semudah itu meninggalkan mereka? Apakah semudah itu kita direndahkan orang lain? NO. Sorry, but I believe every person in this world have their own pathway to reach their dream and their live with the VALUE that they had. 

Aku percaya setiap orang punya standar masing masing, bukan perkara 'matre' lah 'perfeksionis' lah 'arogan' lah. NOOO it such a big No. Aku tersadarkan di titik ini dari berbagai influencer instagram positive vibes woman, social media ttg perempuan, dan artis inspiratifku (cinta laura, maudy ayunda, dll). STANDAR tersebut didasarkan dari VALUE DIRI KITA SENDIRI. 

"masa iya orangtua udah besarin lu, biayain lu sebegitu berharganya, tapi orang lain malah menilai lu rendah, atau bahkan memaksakan supaya rendah"

"Family treat you as a princess, and you'll be a common people?" 

Tidak masalah, apabila beberapa orang menganggap itu tidak penting, yang penting menjalan kan hidup sejahtera sesuai kemampuan dan menjadi apa adanya. Tapi ingat NILAI DIRI MU SENDIRI!

kamu sangat berharga sebagai perempuan

Your brain

Your heart

Your skills

Your history

Your connections

Your ability

YOUR VALUE AS THE BEST WOMAN on ur version

By the way, ini macem monolog aku untuk diri aku sendiri, yang ingin aku bagikan kepada sesama perempuan, siapa tau sepemikiran. Kalo ada yg janggal atau mau didiskusikan, just email/dm me.


📸: THE TAUGHEST JOURNEY THAT I'VE EVER HAD

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Mirror mirror on the wall,

Odivaazzahra.